Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 1353

Asuhan Keperawatan Kritikal Pasien dengan Trauma Cerebral

Cedera kepala waktu kritis pendekatan multidisiplin.

Abstract

Perawat yang bekerja di ruang rawat klien kritikal mempunyai peran yang penting dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian klien dengan trauma kepala melalui pengkajian dan intervensi dini. Menit-menit pertama merupakan waktu kritikal yang sangat menentukan apakah klien akan mengalami penurunan fungsi otak yang progresif atau terjadi perbaikan. Oleh karenanya, deteksi dini dan intervensi yang tepat merupakan kunci keberhasilan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perawat yang bekerja di ruang rawat kritikal harus meningkatkan cara berfikir kritis dan keterampilannya secara teratur. Koordinasi kerja dengan tenaga kesehatan lain juga penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan.

 

Nurse has an important role in reducing morbidity and mortality of patients with head injuries through meticulous assessment. First minutes after cerebral trauma are a critical time that determine – patient experience severe deteriorated cerebral function or experience improvement of cerebral function. Therefore, early detection and accurate nursing intervention will be the critical activities in a achieving successful results. To get a goo result, critical care nurse need to improve their critical thinking and skills continuously. Good coordination among health care team may help the best possible outcome in managing patients with severe head injuries.

How to Cite

Kariasa, I. M. (2001). Asuhan Keperawatan Kritikal Pasien dengan Trauma Cerebral. Jurnal Keperawatan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.7454/jki.v5i1.102