Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 1128

HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (CL) and PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA

metode pembelajaran CL dan PBL motivasi belajar mahasiswa keperawatan

Abstract

Abstrak

Lulusan merupakan hasil dari proses pendidikan. Setiap program pendidikan, termasuk di Fakultas Ilmu Keperawatan UI harus dapat menghasilkan lulusan yang bermutu yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan tekhnologi dan kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan melalui peningkatan kualitas metode pembelajaran. Penggunaan metoda pembelajaran CL dan PBL yang mulai diterapkan sejak tahun 2002 dinilai dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metoda pembelajaran CL dan PBL terhadap motivasi peserta didik di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Sampel penelitian adalah sebanyak 143 peserta didik reguler angkatan 2002 dan 2003. Analisa data dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang bermakna antara penerapan metode pembelajaran CL dan PBL dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan UI (p < 0,05).

 

Abstract

Graduate is a result of a learning process. Each learning program, included in Faculty of Nursing University of Indonesia, must produce qualified graduate in time with knowledge and technology development. A qualified graduate can be achieved by many strategies. One of these strategies that has been suggested is an improvement of teaching and learning methods. Collaborative Learning (CL) and Problem Based-Learning (PBL) are known as good methods to increase critical thinking and problem solving competency of the graduate. The research purpose is to explore the correlation between nursing students’ motivation and application of CL and PBL methods in Faculty of Nursing-University of Indonesia. This research design is a descriptive correlation. The samples are 143 students from regular program, who were enrolled in 2002 and 2003 academic year. Data were analyzed using chi-square test. The result of the study conclude that there are a significant correlation between CL and PBL application and nursing student’motivation in Faculty of Nursing-University of Indonesia (p < 0,05).

References

  1. Billings, D.M & Halstead, J.A. (1998). Teaching in nursing: A guide for faculty. Philadelphia: W.B. Saunders.
  2. Gokhale, A., A. (2004). Collaborative learning enhance critical thinking. Diambil pada 25 Mei 2000 dari http://www.Collaborative Learning/enhances/critical/thinking.htm
  3. Imran, A. (1996). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.
  4. Irwanto, dkk. (1996). Psikologi umum: Buku panduan mahasiswa. (edisi 4). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  5. Krisanti, E.& Mulia, K. (2004). Konsep belajar. Disampaikan pada Pelatihan “Collaborative Learningâ€. Depok.
  6. Notoadmodjo, S. (1993). Pengantar pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku kesehatan. (Edisi 1). Yogyakarta: Andi Offset.
  7. Polit, D. F. & Hungler, B. P. (1995). Nursing research: Principles and methods. Philadelphia: J. B. Lippincott Company.
  8. Sopah, D (2000) Pengaruh model pembelajaran motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 022, 121-137
  9. Suradijono, S., H. (2004). Collaborative learning. Disampaikan pada Pelatihan “Collaborative Learningâ€. Depok.
  10. Sardiman (1986). Interaksi motivasi belajar mengajar, Jakarta: Rajawali Press
  11. Syah, M. (2002). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  12. Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran, Bandung: CV Alfabeta
  13. Tim DUE-like UI (2003). Proyek DUE-like UI. Diambil pada 27 Oktober 2003 dari http://www.ui.ac.id/berita/duelike.html.

How to Cite

Afifah, E. (2005). HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (CL) and PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.153