Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 520
Published: 2008-11-24

Komitmen Perawat Dalam Percepatan Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak

MDGs Indonesia Kesehatan ibu dan anak Perawat

Abstract

Abstrak

Masalah kesehatan ibu dan anak yang merupakan komponen 4 dan 5 Millennium Development Goals (MDGs), adalah masalah yang kompleks, sehingga perlu keterlibatan seluruh anggota profesi termasuk perawat dalam mempercepat pencapaian tujuan tersebut. Makalah ini ditujukan untuk mensosialisasikan komitmen perawat Indonesia melalui Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam upaya meningkatkan pemahaman dan peran aktif perawat dalam meningkakan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

 

Abstract

Maternal and child health problems as the 4th and the 5th components of Millennium Development Goals (MDGs) are complex problems. Therefore, every profession including nurses need to be involved in accelerating the achievement of these goals. The purpose of this article is to socialize nurses’ commitment through the Indonesian National Nurses Association (INNA) in order to increase nurses’ understanding and active participation in increasing maternal and child health in Indonesia.

References

  1. Aliansi Profesi Kesehatan. (2010). Rekomendasi untuk percepatan pencapaian MDGs 2015. Jakarta
  2. Persatuan Perawat Nasional Indonesia/PPNI. (2010). Rencana kerja Persatuan Perawat Nasional Indonesia dalam mencapai Millennium Development Goals (MDGs). Disampaikan pada Lokakarya Nasional Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Terkait Kesehatan dan Peran Organisasi Profesi di Jakarta, pada tanggal 16-17 Februari 2010.
  3. SDKI. (2007). Survei demokrasi dan kesehatan Indonesia. Diperoleh dari www.datastatistik-indonesia.com/sdki/.

How to Cite

Rustina, Y. (2008). Komitmen Perawat Dalam Percepatan Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(3), 193–196. https://doi.org/10.7454/jki.v12i3.221