Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 1095

Perilaku Keluarga Terhadap Kesehatan dan Keadaan Sakit

persepsi pengetahuan keyakinan teori pembelajaran sosial

Abstract

Keluarga merupakan kelompok utama yang mengupayakan pencegahan, dan mempertahankan kesehatan, serta merupakan pemeran utama dalam member asuhan kepada anggotanya yang sedang mengalami sakit.

Perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan dianggap telah mengurangi wibawa dan kewenangan keluarga dalam membuat keputusan yang terkait dengan kepentingan anggota keluarga yang sedang sakit.

Pelibatan tim keperawatan secara dini dapat membantu klien kanker payudara dan keluarganya untuk meningkatkan fungsi keluarga dalam mempertahankan tingkat kesehatan keluarga dan dalam mempertahankan hubungan klien – dokter yang seimbang dan dua arah.

 

A family is a main group to prevent, and to maintain the status of family health. The family also is a key role to provide care to its members.

The development in health science and technology has been perceived as to decrease family integrity and authority in making important member’s illness related decisions.

Early involvement from nurses enables families and patients with breast cancer to increase family functioning in maintaining family health status, and to keep a balanced and two way patient-physician relationship.

How to Cite

Nurachmah, E. (1998). Perilaku Keluarga Terhadap Kesehatan dan Keadaan Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 1(4), 111–116. https://doi.org/10.7454/jki.v1i4.86