Factors Related with Nurse Compliance in The Implementation of Patient Safety Indicators at Hospital

Taufik Alhidayah, Fransisca Sri Susilaningsih, Irman Somantri
| Abstract views: 266

Abstract

Patient safety is one of the five crucial hospital safety issues. This study aimed to determine factors related with nurses’ compliance in the implementation of indicators of patient safety goals (IPSG 1, IPSG 2, IPSG 5, and IPSG 6). This study was a descriptive correlative with a cross-sectional approach. Samples were recruited using a purposive sampling technique (n = 102). Data were analyzed using chi-square and Mann–Whitney tests. The results of this study indicate that the leadership style of the head nurse, rewards, attitudes, and motivation had a significant relationship with the level of adherence in the implementation of IPSG 1 and IPSG 2. The level of nurses’ compliance in the implementation of IPSG 5 was only influenced by the leadership style of the room head and the nurses’ positive attitude. None of the factors had significant relationships with the level of nurses’ compliance in the implementation of IPSG 6. The consultative leadership style of the room head can change the level of nurses’ compliance in the implementation of IPSG 1 by 5.6 times, with 5.06 times toward IPSG 2 and 4.71 times toward IPSG 5. This research recommends the need for consultative leadership style from the room head to carry out the roles and functions as a supervisor to improve associate nurses’ compliance in the implementation of IPSG 1, IPSG 2, IPSG 5, and IPSG 6.

 

Abstrak

 

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepatuhan Perawat dalam Implementasi Indikator Sasaran Keselamatan Pasien di Rumah Sakit X Cilacap, Indonesia. Keselamatan pasien adalah salah satu dari lima isu penting keselamatan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang terkait dengan kepatuhan perawat dalam penerapan indikator sasaran keselamatan pasien (IPSG 1, IPSG 2, IPSG 5, dan IPSG 6). Desain penelitian menggunakan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling (n = 102). Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-square dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala ruangan, penghargaan, sikap, dan motivasi memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepatuhan dalam penerapan IPSG 1 dan IPSG 2. Tingkat kepatuhan perawat dalam penerapan IPSG 5 hanya dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala ruangan dan sikap positif perawat. Tidak ada faktor yang memiliki hubungan signifikan dengan tingkat kepatuhan perawat dalam penerapan IPSG 6. Gaya kepemimpinan konsultatif kepala ruangan dapat mengubah tingkat kepatuhan perawat dalam penerapan IPSG 1 sebesar 5,6 kali, dengan 5,06 kali terhadap IPSG 2 dan 4,71 kali terhadap IPSG 5. Penelitian ini merekomendasikan perlunya gaya kepemimpinan konsultatif dari kepala ruangan untuk melaksanakan peran dan fungsi sebagai pengawas untuk meningkatkan kepatuhan perawat dalam penerapan IPSG 1, IPSG 2, IPSG 5, dan IPSG 6.

 

Kata Kunci: indikator sasaran keselamatan pasien, kepatuhan, perawat

Keywords

compliance; indicator of patient safety goals; nurse

References

Anugrahini, C., Sahar, J., & Mustikasari, M. (2010). Kepatuhan perawat menerapkan pedoman patient safety berdasarkan faktor individu dan organisasi. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13 (3), 139–144. https://doi.org/10.7454/jki.v13i3.244.

Cilacap Regional General Hospital. (2016). Profil Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap. Cilacap: Cilacap Regional General Hospital.

Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisian Medik (Dit. Bina Yanwat – KM). (2014). Modul I: Mutu pelayanan keperawatan dan manajemen risiko. Jakarta: Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisian Medik, Kemenkes RI

Ernawati, E., Tri Rachmi, A., & Wiyanto, S. (2014). Penerapan hand hygiene perawat di ruang rawat inap rumah sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28 (1), 89–94. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2014.028.01.30.

Gibson, J.L. (2007). Organisasi: Perilaku, struktur, proses. Jakarta: Erlangga

Hasibuan, M.S.P. (2011). Manajemen sumber daya manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: Tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2 (2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). (2018). Standar nasional akreditasi rumah sakit efektif 1 Januari 2018. Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta: Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Mahdarsari, M., Handiyani, H., & Pujasari, H. (2016). Peningkatan keselamatan diri perawat melalui optimalisasi fungsi manajemen. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19 (3), 176–183. https://doi.org/10.7454/jki.v19i3.472.

Meliana, H., Anggraeni, R., & Maidin, M.A. (2013). Determinan kepatuhan perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1–11.

Ministry of Health Republic of Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (PMK RI) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien. Jakarta: Ministry of Health Republic of Indonesia.

Ministry of Health Republic of Indonesia. (2018). Profil kesehatan Indonesia 2016. In Profil Kesehatan Provinsi Bali. Jakarta: Ministry of Health Republic of Indonesia.

Natasia, N., Loekqijana, A., & Kurniawati, J. (2014). Faktor yang mempengaruhi kepatuhan pelaksanaan SOP asuhan keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran Kota Kediri. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28 (1), 21–25.

Permana ,M.A.B., & Hidayah, N. (2017). The influence of health workers’ knowledge, attitude and compliance on the implementation of standard precautions in preventions of hospital-acquired infections at PKU Muhammadiyah Bantul Hospital. Journal of Hospital & Medical Management, 3 (2), 16–21. https://doi.org/10.4172/2471-9781.100035.

Pujilestari, A., Maidin, A., & Anggraeni, R. (2016). Budaya keselamatan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10 (1), 57–64. http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v10i1.484.

Purba, Y.S. (2017). Hubungan beban kerja mental dan perilaku perawat pelaksana dengan keselamatan pasien. Jurnal Impuls, 1 (2), 54–60.

Robbins, S.P. (2011). Perilaku organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Setiyawati, W., & Supratman, S. (2008). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku kepatuhan perawat dalam pencegahan infeksi luka operasi di ruang rawat inap RSUD dr. Moewardi Surakarta. Berita Ilmu Keperawatan, 1 (2), 87–92.

Suarli, S., & Yanyan B. (2009). Manajemen keperawatan dengan pendekatan praktis. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumaningrum, N.D. (2015). Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan perawat mencuci tangan handrub pada saat pemasangan infus di Rumah Sakit X di Jawa Timur (Doctoral dissertation). Surabaya: Universitas Airlangga.

Suwatno, H., & Priansa, D.J. (2011). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Swansburg, R.C. (2000). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan untuk perawat klinis (Alih Bahasa: S. Samba). Jakarta: EGC.

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen (Cetakan ke-17). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulfa, M., & Sarzuli, T. (2016). Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kepatuhan perawat dalam melaksanakan standar prosedur operasional pemasangan kateter di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 5 (1), 49–55. https://doi.org/10.18196/jmmr.5106.

Umam, K. (2010). Perilaku organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Unarajan D. (2003). Manajemen disiplin. Jakarta: PT Grasindo.

Wakefield, M.K. (2008). The Quality Chasm Series: Implications for nursing. In Patient safety and quality: An evidence-based handbook for nurses. Rockville (MD): Agency for Healthcare Research and Quality (US).

Wawan, A., & Dewi, M. (2011). Teori & pengukuran: Pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

World Health Organization. (2018). 10 facts on patient safety. Geneva: World Health Organization. Retrieved from http://www.who.int/features/factfiles/patient_safety/patient_safety_facts/en/index8.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.