Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 1380

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMATIKA DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Teknologi informasi metode pemberian pendidikan pembelajaran jarak jauh peserta didik

Abstract

Abstrak

Pada era perkembangan teknologi terjadi beberapa pergeseran bentuk metode pemberian pendidikan, kalau dahulu kita kenal bahwa pembelajaran terjadi di kelas dan jika ada interaksi antara pengajar dan peserta didik pada waktu dan tempat yang sama maka saat ini hal tersebut sudah berubah. Banyaknya metode pembelajaran jarak jauh yang berbasis web, maka proses pembelajaran dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Peserta didik dapat belajar di rumah, di tempat kerja atau di perpustakaan. Ini sangat memudahkan peserta didik. Tulisan ini memaparkan tentang penggunaan teknologi informasi dalam pendidikan khususnya pendidikan keperawatan di Indonesia serta kendala yang dihadapinya.

 

Abstract

In the era of high technology a revolution in learning has occurred and has moved from classroom and synchronous to a more independent and asynchronous method. Distance learning based on web makes many students have access to learn any time and anywhere whether they want it-at home, at work, or in the local library. It is very flexible for students. The article discusses about information technology in nursing education and also the problems that are usually encountered in Indonesia.

References

  1. Bates, T. (1985). Computer assisted learning or communication: which way for information technology in distance education. Milton keyne:The open University.
  2. Biro Pusat Statistik 2003 dalam www.webgatra.com diakses tanggal 20 Februari 2005.
  3. Helvie, C,O. (1998). Advanced Practice Nursing In the Community. United State of Amerika: Sage publication Inc.
  4. Http//ferysifa.tripod.com. Kolaborasi tehnology internet dan pendidikan Agama, diakses 20 Februari 2005.
  5. Indrajit, R.E. 2004. Pengembangan kurikulum informatika kesehatan berbasis kompetensi pada program pendidikan dokter dan ilmu keperawatan, Seminardan work shop UGM.
  6. Onno, W. (2002). Teknologi e-learning berbasis PHP dan MSQL. Jakarta: Elek Media Kompotindo.
  7. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI 2002/2003), dalam www.namline.edu/apkbr/basisdata.html, diakses tanggal 25 Februari 2005.
  8. Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
  9. www.apindonesia.com., Problem pendidikan di Indonesia, diakses tanggal 7 Maret 2005.

How to Cite

Hariyati, R. T. S. (2005). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMATIKA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.156