Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 1491

PEMANFAATAN PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENAGA KEPERAWATAN

HIV/AIDS keluarga keterampilan pengetahuan perawat

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian fenomenologi ini adalah mengidentifikasi persepsi perawat dan keluarga pasien HIV/AIDS tentang pengetahuan yang diperlukan perawat dan keluarga yang merawat untuk merawat pasien HIV/AIDS di rumah sakit dan di rumah. Sejumlah 5 perawat & 5 keluarga pasien berpartisipasi dalam penelitian ini. Dari hasil analisis didapatkan 6 hal yang harus diketahui perawat. Persepsi perawat tentang pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki perawat saat merawat pasien HIV/AIDS adalah: (1) pengetahuan dan keterampilan tentang konseling, (2) ARV & efek sampingnya, (3) Universal Precaution, (4) symptom management, (5) dukungan mental, dan (6) penanganan jika terpapar HIV. Sedangkan dari keluarga ada 4 hal yang harus diketahui oleh keluarga saat mereka merawat pasien di rumah, yaitu: (1) pengetahuan tentang HIV/AIDS & cara penularannya, (2) pengetahuan tentang tanda & gejala HIV/AIDS, (3) pengetahuan dan keterampilan tentang pencegahan penularan (Universal Precaution) dan (4) symptom management. Rekomendasi penelitian ini adalah perlu ada penelitian lanjut pada jumlah responden yang lebih luas. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas asuhan keperawatan pada pasien HIV/AIDS dan juga kualitas hidup pasien saat mereka di rumah.

 

Abstract

The purpose of this phenomenology study was to identify the nurse’s and relative’s perception on knowledge and skill needed by the nurses & relatives in caring patient in the hospital and in their house. Ten respondents (5 nurses and 5 relatives of the patients) participated the study. The findings identified knowledge & skill needed by nurses are: (1) knowledge & skill on counseling, (2) Anti Retro Viral therapy & its side effect, (3) universal precaution, (4) symptom management, (5) mental support, and (6) treatment standard on occupational exposure to HIV. The findings from the relative’s are: (1) knowledge on HIV/AIDS and how it spreads (2) knowledge on signs & symptoms of HIV/AIDS, (3) knowledge & skill on universal precaution and (4) symptom management. Some recommendations of the study were proposed that this study should be continued to have some other respondents. The result of these studies could be beneficial to improve the nursing care to the HIV/AIDS patient and their quality of life during AIDS stage, and it could be beneficial to the improvement the effectively of the nursing care of patient with HIV/AIDS.

References

  1. Dinas Kesehatan DKI Jakarta. (2005). Peta kebutuhan pendidikan formal: Seksi pendidikan dan pengembangan karir sub din SDM. Jakarta: Dinkes Jakarta
  2. Depkes RI (1992) Undang-undang republik Indonesia nomor 23 tahun 1992 Tentang Kesehatan.
  3. Depkes RI (2006). Strategi menuju Indonesi Sehat 2010, dalam www.depkes.go.id diakses 8 Maret 2006
  4. Hariyati, R.T. (2005) Pemanfatan teknologi informatika dalam dunia pendidikan. Jurnal Keperawatan Indonesia 9 (1) Maret 2005, p.26-31
  5. Hariyati, R.T. (2005) Study pendahuluan pengembangan pembelajaran distance learning di FIK-UI, Jakarta. Laporan penelitian tidak dipublikasikan
  6. Helvie, C. O. (1998). Advanced practice nursing in the community. United State of Amerika: Sage publication.Inc
  7. Indrajit, R.E. (2004). Pengembangan kurikulum informatika kesehatan berbasis kompetensi pada program pendidikan dokter dan ilmu keperawatan. Seminar dan work shop UGM, Desember 2004
  8. Jones, H. (2004). Designing web based education courses for nurses. USA: Nursing Standard
  9. Kozlowski, D. (2002). Using on line learning in traditional face to face environment computer in Nursing.
  10. Madjd, S. (2002). Use information resources by computer. Singapura:Bradford
  11. Maki, W. & Maki, R. (2002). Multimedia comprehension skill predict differential outcome of web-based and lecture courses. Journal of experimental Psychology Applied 8.2
  12. Purwanto, E, dkk (2006) Laporan kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Laporan tidak dipublikasikan.
  13. Reece, I. & Walker. (2000). Teaching, training, and learning. (Fourd edition). Sunderland: Business Education Publishers.
  14. Suradijono, S. (2004). Learning desain dalam e-learning. Disampaikan pada pelatihan E-learning. Depok UI, Jakarta, September 2005
  15. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI 2002/2003) dalam www.namline.edu/apkbr/basisdata.html, diakses 24 Februari 2006
  16. Syah, M (2000). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  17. Wibowo, H (2006) Problem pendidikan di Indonesia dalam www.apindonesia.com Diakses 7 Maret 2005

How to Cite

Hariyati, R. T. S. (2006). PEMANFAATAN PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENAGA KEPERAWATAN. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(1), 30–34. https://doi.org/10.7454/jki.v10i1.170