Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
VIEWS: 476
Published: 2007-09-24

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Internet sebagai Sarana Pencarian Informasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Keperawatan

mahasiswa keperawatan kegiatan pembelajaran penggunaan internet.

Abstract

Abstrak

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sangat pesat dan menjangkau seluruh kehidupan manusia. Internet memberikan alternatif baru untuk menemukan dan mengindeks informasi. Di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) semakin dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai sarana pencarian informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada mahasiswa keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross sectional ini dilakukan pada 425 mahasiswa, dengan pengolahan data menggunakan tes T independent. Hasil penelitian menunjukkan 100% responden sudah mengakses internet berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Sebagian besar responden (56%) menggunakan internet café sebagai tempat untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Sebagian besar responden (84,5%) dengan biaya kurang dari Rp 50.000,- setiap bulannya ada kecenderungan mengakses internet seminggu sekali (43,3%). Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang internet, dukungan keluarga, dukungan staf pengajar, biaya dalam mengakses, tempat mengakses internet dengan pemanfaatan internet sebagai sarana pencarian informasi (p<0,00). Sedangkan tidak ada hubungan yang bermakna antara variabel dukungan teman sebaya dengan pemanfaatan internet (p>0,00). Pengembangan dan pemanfaatan infrastruktur internet kampus diperlukan sebagai salah satu persiapan untuk pengembangan kegiatan pembelajaran melalui internet di masa datang.

 

Abstract

The development of information communication and technology increase significantly and reach almost all aspects in human life. Internet gives a new alternative and index information. The benefits of internet access had been strongly felt by academic civitas especially those who had less information access previously. The purpose of the study was to identify factors influencing the use of internet as means of searching information that were related to learning activity that support lectures for nursing students of University of Indonesia. The design of the study was descriptive explorative using cross sectional approach, with the number of samples were 425 respondents and using a T-independent test to analyze the data. The findings showed that all respondents (100%) had already internet access related to learning activities that support lectures. Majority of the respondents (56%) used café internet as a place to access information related to learning activities. Majority of the respondents (84,5%) spent less than Rp. 50.000,-each month and had the tendency to access internet once a week (43,3%). There were strong relationships between the knowledge about internet, family support, academic staff support, cost for access, place for the access with the use of internet as means of searching information that are related to learning activities that support variable with the use of internet. This research recommends to develop the faculty’s internet system and the infrastructure that supports it to prepare for the distance learning through internet in the future.

References

  1. Hardjito, (2001). Internet untuk pembelajaran. Diambil pada 17 Februari 2005 dari: http://www.pustekkom.goid/teknodik/t10/10-3.htm
  2. Hastono, S. (2001). Modul analisis data. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat UI
  3. Kitao, K. (1998). Internet resources: ELT, linguistics, and communication. Japan: Eichosha
  4. Khoe Y.T. (1996). Pemasaran dan bisnis dan bisnis di internet. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo
  5. Margaretha (2005). Penelitian tentang pemanfaatan penggunaan internet oleh mahasiswa. Diambil pada 2 Februari 2005 dari http://www.google.com/search?q=cache:hv9Ud-bHoYoJ:www.retha.blog-city.com
  6. Peek, R (2002). The Internet’s role on campus. Diambil pada 17 Februari 2005 dari http: //proquest.umi.com/pqdweb?did=2637468811 & sid= 28 Fmt=48clientld=45625&RQT= 309&VName=PQD
  7. Siahaan, S. (2002). Studi penjajagan tentang kemungkinan pemanfaatan internet untuk pembelajaran di SLTA di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Diambil pada 17 Februari 2005 dari http: // www.depdiknas.go.id/jurnal/39/Penelitian%20Penjajagan%20tentang.htm
  8. Siregar, R. (2005). Internet: Strategi penggunaannya di perpustakaan perguruan tinggi. Diambil pada 2 Februari 2005 dari http://www.google.com/search?q=cache:E3MmoqKLNYMJ:library.usu.ac.id/modules
  9. Sudjiono, A. (1994). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  10. Soekartawi. (2002). Prospek pembelajaran jarak jauh melalui internet. Disajikan pada Seminar Nasional Teknologi Pendidikan di Jakarta.
  11. Tjiptono, F dan Budi, T (2000). Strategi riset lewat internet. Yogyakarta: Andi Offset
  12. Williams, B. (1999). The internet for teachers. Third Edition. California: IDG Books Worldwide, Inc.

How to Cite

Afifah, E. (2007). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Internet sebagai Sarana Pencarian Informasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(2), 41–46. https://doi.org/10.7454/jki.v11i2.185