Abstract
Konsep tumbuh kembang anak terkait dengan suatu bentuk perilaku anak dalam menyelesaikan tugas perkembangannya, salah satunya adalah adaptasi anak terhadap situasi lingkungan di sekitar anak. Koping merupakan bagian dari proses adaptasi untuk mencapai keseimbangan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Koping muncul karena adanya stressor tertentu dimana anak akhirnya menggunakan mekanisme koping yang berbeda sesuai dengan usia anak. Stressor seperti ketakutan, perpisahan, kehilangan dan kematian dapat menimbulkan respon tingkah laku anak yang berbeda, bisa berupa perilaku agresif, fantasi, phobi sekolah dan anak bisa menggunakan berbagai mekanisme pertahanan yang akan mempunyai dampak positif maupun negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
Â
Concepts of children’s growth & development are related to a pattern of children’s behavior in completing their developmental tasks. One of them is adaptation to their environment. Coping is a part of adaptation process to achieve the equilibrium of children’s growth & development. Coping is formed as a result of the presence of specific stressor which leads a child to use different coping mechanism based on their level of age. Stressor includes anxiety, detachment, loss and death may produce different behavior all responses, such as aggressiveness, fantasy, phobia to school. Children may rise a variety of defense mechanism that result in positive and negative impacts to their further growth & development.